Ini buatan sendiri waktu
kuliah lho. kalau mau kopas backlink atau komen yaaa :) --ShomaNF
setelah ppl, saya dapat oleh-oleh rpp buatan saya sendiri, semoga menginspirasi teman-teman guru :)
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : MA NU Ibtida’ul Falah Kudus
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Semeter :
X-4/Gasal
Materi Pokok : Al-Qur’an
Kitabku
Alokasi Waktu :
2 X 45 Menit
Pertemuan
ke : Satu dan dua
Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dan metakognitif
berdasarkan rasa inin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
1.1
Meyakini
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
2.1
Menunjukkan sikap yang berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran Al-Qur’an
3.1 Memahami
pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’
4.1
menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para ulama’
Indikator
3.1.1
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
3.1.2 Mendeskripsikan
pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin
3.1.3
Menerangkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama muta’akhirin
3.1.4 Membandingkan pengertian Al-Qur’an menurt ulama mutaqaddimin dan muta’akhirin
4.1.1
Mempresentasikan simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta
didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah dengan
baik dan benar
2. Mendeskripsikan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin dengan baik dan benar
3. Menerangkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama muta’akhirin dengan
baik dan benar
4. Membandingkan pengertian Al-Qur’an menurt ulama mutaqaddimin dan
muta’akhirin
5.
Mempresentasikan
simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian Al-Qur’an
secara istilah
2.
Pengertian Al-Qur’an
menurut para ulama
3.
Nama-nama Al-Qur’an
4.
Perilaku orang yang
berpegang teguh kepada Al-Qur’an
Metode
Pembelajaran
a.
Metode Simulasi (contextual
learning)
b.
Metode Tanya Jawab (Indirect
Learning)
c.
Metode Make a Match
(Contextual Learning)
d.
Metode Mindmapping (Cooperative
Learning)
Media Pembelajaran
a.
Proyektor
b.
Kartu berpasangan
(soal dan jawaban)
Alat Pembelajaran
a.
Spidol/pen
b.
Kertas
Sumber Belajar
a.
Al-Qur’an dan
terjemahnya
b.
Buku paket Al-Qur’an
Hadits Penerbit PT Karya Toha Putra
c.
Modul Pembelajaran
”Hikmah” Penerbit Akik Pustaka
d.
Internet
e.
Slide
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal/pendahuluan
1.
Pendidik memberi
salam, mengabsen dan membaca basmalah bersama peserta didik
2.
Pendidik memberi
motivasi
3.
Pendidik bertanya
jawab sekilas mengenai Qur’an Hadits
Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta
didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
Peserta didik mengamati simulasi dari temannya sendiri,
langkah-langkah:
·
Seorang
peserta didik yang ditunjuk pendidik maju ke depan kelas untuk ditutup matanya
·
Peserta
didik tersebut diminta untuk kembali ke tempat duduknya dalam keadaan mata
tertutup
·
Peserta
didik yang ditutup matanya akan kesulitan mencapai tempat duduknya
·
Pendidik
memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa orang yang berjalan tanpa
arahan (alqur’an) akan tersesat
b.
Menanya
·
Peserta
didik menanyakan pengertian Al-Qur’an
·
Peserta
didik menanyakan pengertian Al-Qur’an menurut ulama
·
Peserta
didik menanyakan nama-nama Al-Qur’an
·
Pendidik
memberikan pemahaman terkait pertanyaan-pertanyaan peserta didik sekaligus memberikan
informasi mengenai materi
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
·
Peserta
didik mengambil satu kartu yang telah disiapkan pendidik, kartu-kartu tersebut berisi
beberapa konsep dan topic mengenai pengertian Al-Qur’an. Setiap konsep terdiri
dari soal dan jawaban yang berada dalam kartu yang berbeda
·
Setiap
peserta didik mendapat satu kartu
·
Tiap
peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
·
Setiap
peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya
·
Setiap
peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
·
Setiap
pasangan membacakan soal dan jawaban
·
Pendidik
mengoreksi kecocokannya
·
Pendidik
memberi apresiasi terhadap usaha peserta didik
d.
Mengasosiasi
·
Pasangan
yang mendapat konsep yang sama segera bergabung menjadi satu kelompok
·
Setiap kelompok yang bertema sama membuat
mindmap mengenai pengertian Al-Qur’an, nama-nama Al-Qur’an dan perbuatan yang
menunjukkan orang yang berpegang teguh kepada Allah sesuai pemahaman
e.
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil mindmap mengenai pengertian Al-Qur’an, nama-nama Al-Qur’an dan perbuatan yang
menunjukkan orang yang berpegang teguh kepada Allah sesuai pemahaman
Kegiatan Penutup
·
Pendidik meminta
peserta didik untuk membiasakan perilaku orang yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an
·
Pendidik melakukan
penilaian dengan memberi beberapa butir soal di atas kertas lalu dikumpulkan
·
Pendidik memberi
motivasi kepada siswa agar lebih giat dalam belajar dan mengamalkannya
·
Pendidik memberikan
tugas untuk dikerjakan di rumah
·
Pendidik mengakhiri
pelajaran dengan bacaan hamdalah bersama
·
Pendidik mengucap
salam
Penilaian hasil pembelajaran
a.
Tes
1.
Tertulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Pengertian Al-Qur’an menurut
bahasa adalah..
|
Bacaan atau yang
di baca
|
2.
|
Pengertian Al-Qur’an menurut
Syekh Muhammad Abduh adalah..
|
A. Al-Qur’an
merupakan bacaan
B. tertulis dalam
mushaf-mushaf
c. terjaga dalam
hafalan-hafalan ummat islam
|
3.
|
Sebutkan nama-nama Al-Qur’an!
|
Al-Qur’an, al-kitab, al-furqaan, adz-dzikr
|
4.
|
Berikan contoh perilaku orang
yang berpegang teguh pada Al-Qur’an!
|
Sesuai pemahaman peserta didik
|
2.
Non tertulis
(praktik mencari pasangan dan membuat mindmap)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan mencari pasangan
|
Kemampuan membuat mindmap
|
1.
|
|||
2. Dst
|
Keterangan : Skor
Praktik :
·
sangat baik = 80 – 90 = A
·
baik =
70 – 79 = B
·
kurang baik =
60 – 69 = C
·
tidak lancar =
50 – 59 = D
·
Tidak dapat = kurang dari 50 = E
b.
Penugasan
1.
isi soal-soal
mengenai Al-Qur’an Kitabku dalam buku modul
2.
buat satu pertanyaan
yang belum difahami
Pedoman Penskoran :
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik mengerjakan tes dengan
benar
|
30
|
Peserta didik membuat mencari
pasangan dan membuat mindmapping dengan baik
|
40
|
Peserta didik mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh
|
30
|
Nilai
= skor yang diperoleh / skor maksimal X 100
Mengetahui,
Pendidik Pamong
Masadi Irawan,
S.Ag
|
Dosen Pembimbing Lapangan
Ahmad Supriyadi, S. Ag, M. Hum
NIP.
|
Kudus, 9 Agustus 2014
Praktikan Mata Pelajaran
Shoma Noor Fadlillah
NIM: 111064
|
Ini makalah sendiri waktu
kuliah lho. kalau mau kopas backlink atau komen yaaa :) --ShomaNF
31 comments :
makasih mbk,, ijin copy ya.., RPP nysna mmbant.., kaloblehad RPP al-Qur'an hdis materi pokok yg lain ny nggk? termakai..
izin copy, RPP nya bagus, Barokallohufiik.. amiin.
Makasih ya
....
salam
Ijin Copas Kak da terima kasih :)
izin copi mba untuk contoh membuat rpp kelas XI k13 , terimakasih banyak
izin copy mb untuk panduan belajar buat RPP terimakasih
ijin copy mba
izin copas iya mbak. Saya juga dapat guru pamong pak masadi irawan di MA Ibtidaul Falah Dawe, Kudus. Bermnnfaat sekali bisa untuk acuan mengerjakan mbak.
Izin copas nggihhh..
Kereb
Izin kopas mbaa.. .
Izin copas ya mbak..
Buat belajar.. Terima kasih mbak.. Sangat membantu
Terima kasih, Kak. Baarakallahufiik. :)
izin copas ya mbak, trimakasih
izin untuk dicontoh ya mbak RPP nya ...trims
Izin copy mbak
IZIN copy y buat belajar dan terima kasih banyak semoga bermanfaat dan barokah
Izin copas ya kak, sangat bermanfaat, terimakasih
Terimakasih ijin copy
saya izin kopas yah ....terima kasih
Izin copy rpp nya iya kak,terimakasih kak��
Izin copas nggih mbakk
Izin copas yaa
ijin copas kak, terimakasih
Izin copy kak untuk contoh membuat rpp, terima kasih kakk.
trima kasih ya kak Rpp nya sangat membantu sekali,izin copy ya kx
Izin kopas cantik
terimakasih banyak kak.. RPP nya sangat membantu. saya izin copy-paste ya kak
Izin copas ya kk
Izin copas mna
Izin copas yaa mbak, terima kasih
Izin copas nggeh
Post a Comment